Banjar Manis
Banjar Manis

Banjar Raih Anugerah Perlindungan Konsumen Dari Menteri Perdagangan

SAMARINDA,- Kementerian Perdagangan RI kembali berikan penghargaan kepada seluruh Kepala Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia dalam ajang Anugerah Perlindungan Konsumen 2022, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu ( 31/08/2022 ) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menerima penghargaan di kegiatan ini untuk kategori “Pasar Tertib Ukur” dan penghargaan diwakili diterima oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie yang diserahkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifilii Hasan.

Kabupaten Banjar dinilai Kementerian Perdagangan telah memenuhi kriteria, dimana alat ukur di pasar telah ditera ulang dan bertanda sah sesuai ketentuan yang berlaku, yang bertujuan untuk menjamin kebenaran hasil pengukuran dan memberikan perlindungan bagi konsumen.

Kabupaten Banjar juga dinilai mampu oleh Kemendag dalam upaya maksimal memberikan perlindungan hak konsumen khususnya pada penerapan alat ukur berstandar yang dikoordinir oleh dinas terkait dalam hal ini DKUMPP Kabupaten Banjar.

Dalam laporannya Dirjen Perlindungan Kosumen dan Niaga Kementerian Perdagangan Feri Anggriono mengatakan, berdasarkan hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen ( IKK ) tahun 2021, konsumen Indonesia masih berada pada level mampu, yaitu pada poin 50,39 artinya konsumen Indonesia mampu menggunakan hak kewajibannya untuk menentukan pilihan terbaik serta menggunakan produk dalam negeri namun belum sepenuhnya menegakan hak-hak sebagai konsumen.

“Penghargaan perlindungan konsumen ditujukan untuk memberikan apresiasi Kemendag kepada pemerintah daerah yang memiliki upaya peningkatan perlindungan konsumen” jelasnya.

Menteri Perdagan Zulkifli Hasan dikesempatan ini mengajak kepala daerah baik gubernur, walikota dan bupati untuk bisa mengkoordinasikan kepada masing-masing Kepala Dinas Perdagangan untuk selalu memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran, karena sangat krusial serta menyangkut keberdayaan daya beli masyarakat.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie mengungkapkan capaian penghargaan ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan, dimana Kabupaten Banjar terpilih dari 337 pasar di Indonesia yang dinilai kemudian ada 4 kabupaten/kota yang terpilih, salah satunya Kabupaten Banjar.

Baca Juga:  Pendapat Akhir Bupati Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Tentang Desa Wisata

“Ini semua tak lepas dari kerjasama semua pihak dalam hal ini arahan Bupati mengkoordinasikan stake holder terkait, dalam usaha maksimalnya sampai mendapatkan kepercayaan dari Kemendag kali ini dan kedepan tentu akan dipertahankan prestasi yang sudah diraih ini ” tutur Habid Idrus.

Penghargaan Perlindungan Konsumen 2022 diberikan kepada 6 gubernur dan 24 bupati dan walikota di Indonesia.

Mendampingi Habib Idrus Al Habsyie di acara ini Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati dan Kepala DKISP HM Aidil Basith.

https://banjarmanis.com/wp-content/uploads/2022/12/banjar-manis-logo-1024x369.png

Related posts

Wabup Banjar Lepas Keberangkatan Mudik Gratis

admin

Saidi Mansyur Ajak Generasi Muda Hidupkan Budaya Leluhur Banjar

admin

Bupati dan Wabup Hadiri Peringatan Haul ke 883 syech Abdul Qadir Al Jailani

admin