Banjar Manis
Banjar Manis

Perayaan Satu Abad NU, Bupati Banjar Buka Festival Maulid dan Bazar UMKM

MARTAPURA,- Mengusung tema “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru” Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar menggelar Perayaan Satu Abad NU, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Selasa (07/2/2023) malam.

Perayaan satu abad NU akan berlangsung selama lima hari, diisi dengan Festival Maulid Habsyi dan Bazar UMKM, dimana dua kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur. Turut hadir Wabub Habib Idrus Al Habsyie, Forkopimda Banjar, alim ulama, tokoh masyarakat, Rais Syuriah dan Pimpinan Cabang NU beserta pengurus cabang dan ranting NU se Kabupaten Banjar.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qoriah Internasional Hj Raudah, dilanjutkan dengan pertunjukan drum band Ponpes Atthahiriah dari Kecamatan Sambung Makmur dengan Mars Ya Lal Wathan dan Mars 1 abad NU.

Bupati Banjar turut mengapresiasi atas terselenggaranya perayaan satu abad NU yang terasa meriah dengan puluhan grup maulid habsyi dan aneka bazar yang menampilkan produk produk unggulan daerah.

“Selamat memperingati 1 abad NU, semoga melalui semarak festival maulid habsyi ini, dapat semakin mempererat ukhuwah islamiah dan kita juga berharap melalui syair-syair ini, semakin menambah kecintaan kita kepada baginda nabi SAW,” harap Saidi.

Sementara Ketua Tanfidziah NU Banjar Ustadz Nuryadi menerangkan, bahwa pada saat berdirinya NU tepatnya 31 Januari 1926 atau 16 Rajab 1344 H, ada satu ulama dari tanah Banjar yang hadir yakni KH Abdul Qadir Hasan. Guru Tuha sapaan akrabnya diamanahi oleh pendiri NU KH Hasyim Asy’ari untuk mendirikan cabang NU di Kalsel, tepatnya di kota Martapura pada tahun 1928.

Melalui jasa KH Abdul Qadir Hasan disertai dengan dukungan ulama lanjutnya, Kalsel dapat melaksanakan Mukhtamar NU ke 11 pada tahun 1938.

Baca Juga:  Bupati Banjar Harapkan Al Mursyidul Amin Terus Berkiprah

“Dengan momentum perayaan 1 abad NU mari kita jadikan momen untuk bersyukur dan refleksi. Masih banyak tugas dan amanah yang harus kita tunaikan. Jadikan momentum ini untuk lebih termotivasi dalam berkhidmat di organisasi NU,” tutupnya.

Baca Juga:  Pemkab Banjar Gelar Musrembang Saidi Mansyur Tekankan Pentingnya Pemulihan Ekonomi

https://banjarmanis.com/wp-content/uploads/2022/12/banjar-manis-logo-1024x369.png

Related posts

Bupati Banjar Salurkan Zakat Melalui Baznas

admin

Bupati Lepas Keberangkatan Kloter Pertama 320 JCH Kabupaten Banjar

admin

Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2022

admin