Banjar Manis
Banjar Manis

Pakulih Anam Lebarkan Program di Delapan Kecamatan

MARTAPURA,- Sebanyak 20 pasang pengantin ikuti program PAKULIH ANAM di Pelaminan Pengantin Batatai, sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Kementerian Agama dan TP PKK Kabupaten Banjar yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Rabu (11/10/2023).

 

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, program ini adalah upaya pemerintah untuk melayani masyarakat khususnya pelayanan administrasi kependudukan.

“Ketika orang nikah di KUA langsung dapat anam dokumen, saya beri nama PAKULIH ANAM, Pian Nikah Kulihan Anam Dokumen. Semoga program ini berkelanjutan dan membawa manfaat untuk masyarakat Kabupaten Banjar,” ucap Saidi.

Ditambahkan Saidi Mansyur, se Kalimantan Selatan program tersebut hanya ada di Kabupaten Banjar.

” Patut bersyukur, sebelumnya sangat sulit ketika mau nikah banyak yang diurus, jadi ini memudahkan yang dulunya hanya dua kecamatan pilot projectnya Martapura dan Martapura Barat. Alhamdulillah hari ini sudah sepuluh kecamatan sisa sepuluh kecamatan lagi,” tambahnya.

 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar Azwar menjelaskan, kegiatan ini merupakan pengembangan dari inovasi yang dimiliki pihaknya bersinergi dengan beberapa Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Banjar.

“Program ini untuk memudahkan masyarakatnya khususnya pengantin yang baru menikah di KUA dan langsung mendapatkan enam dokumen yaitu buku nikah, KTP pengantin laki-laki dan perempuan dengan perubahan status kawin, kartu keluarga pasangan pengantin, Kartu Keluarga orang tua pengantin laki-laki dan perempuan,” jelas Azwar.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Banjar dengan Kementerian Agama tentang program PAKULIH ANAM oleh Bupati Banjar dengan Kepala Kemenag Kabupaten Banjar dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara TP PKK Kabupaten Banjar dengan Disdukcapil Banjar tentang sinergisitas kader pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga untuk mendukung tertib administrasi kependudukan di lingkungan keluarga oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas dan Kepala Disdukcapil Banjar Azwar.

 

Acara ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis dokumen Pakulih Anam, souvenir dan voucher tiket gratis Waterboom kepada perwakilan pasangan pengantin yang diserahkan oleh Bupati Banjar.

Baca Juga:  Saidi Mansyur Salurkan BLT Dana Desa

Turut hadir para Kepala SKPD, Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Banjar, Kepala KUA se Kabupaten Banjar dan sejumlah undangan.

https://banjarmanis.com/wp-content/uploads/2022/12/banjar-manis-logo-1024x369.png

Related posts

IDM Kabupaten Banjar Meningkat

admin

Isi Kekosongan, Bupati Banjar Lantik Dua Pejabat Tinggi Pratama

admin

Saidi Mansyur : “Partisipasi Masyarakat Di Bidang Digital Mesti Terus Didorong”

admin