Banjar Manis
Banjar Manis

IDM Kabupaten Banjar Meningkat

MARTAPURA,- Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi, dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan.

Hal ini disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat meminpin rapat koordinasi mingguan dengan jajarannya, di Aula Barakat Lantai II, Kantor Bupati Banjar, Martapura. Senin (13/06/2022) pagi.

Dikatakan, dirinya sangat mengapresiasi bahwa Kabupaten Banjar berada di urutan 3 besar dalam IDM terbaik, dan berharap bisa ditingkatkan lagi.

“ Saya berharap, peningkatan IDM di Kabupaten Banjar terus meningkat di tahun-tahun berikutnya,“ ungkapnya.

Selain itu Saidi Mansyur juga menginstruksikan kepada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) untuk menginformasikan seluas luasnya kepada masyarakat dalam penggunaan bibit tanaman, terkait adanya aduan masyarakat tentang hama yang menyerang tanaman padi.

Kepala DKISP HM Aidil Basith menyatakan kesiapannya, sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Dondit Bekti Agustiono mengatakan, mengenai hama yang menyerang tanaman padi yang sulit dikendalikan, penyebabnya adalah petani masih menggunakan bibit lokal dan pola tanamnya yang tidak serentak.

“ Solusi yang bisa diambil untuk permasalahan hama ini yaitu dengan cara penyemprotan pestisida yang telah diberikan kepada petani,“ ujarnya.

Tanaman petani yang paling terdampak hama tersebut berada di 3 kecamatan, antara lain Kecamatan Gambut, Tatah Makmur dan Kecamatan Beruntung Baru.

Sebelum rakoor, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama MoU dan PKS Antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dengan Yayasan Banjar Insan Prestasi tentang pelayanan perpustakaan daerah Kabupaten Banjar, PT Woolu Aksara tentang Pengembangan Layanan Perpustakaan Elektronik iMartapura dan PKS dengan Dinas Pendidikan tentang Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan
Daerah bagi lembaga PAUD, SD dan SMP di Kabupaten Banjar serta Penandatanganan Berita acara Penetapan Status Desa, tentang hasil pengukuran Indeks Desa Membangunan (IDM) Kabupaten Banjar tahun 2022.

Baca Juga:  LPTQ Banjar Siapkan Kader Muda Kabupaten Banjar 2021
https://banjarmanis.com/wp-content/uploads/2022/12/banjar-manis-logo-1024x369.png

Related posts

Rampung Diaspal, Jalan 1,4 Km Desa Pulau Nyiur Diresmikan

admin

Peletakan Batu Pertama Pembangunan BTS di Dusun Sungai Bokor

admin

Bupati Banjar Buka Resmi Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan

admin