Banjar Manis
Banjar Manis

Bupati Banjar Buka STQ Tingkat Kecamatan Karang Intan

KARANG INTAN,- Penuh rasa bangga sekaligus bahagia ketika berada di Desa Sungai Alang, dan menyambut baik kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang dilaksanakan di Kecamatan Karang Intan, karena tidak semua kecamatan mampu melaksanakannya.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka STQ Tingkat Kecamatan di Desa Sungai Alang, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Senin (22/5/2023) malam.

Saidi Mansyur menuturkan, STQ di Kecamatan Karang Intan sebelumnya pernah dilaksanakan, namun sempat terhambat dikarenakan pandemi Covid-19. Oleh karena itulah lanjut Saidi kegiatan ini harus dijaga dan dirawat. Bukan hanya seremoni namun harus dimaknai dengan keutuhan dan kuatnya tali persaudaraan sesama muslim. Sehingga dalam membangun daerah memiliki semangat yang tinggi untuk masyarakat yang lebih maju.

“ Di Kecamatan Karang Intan ini kalau sudah bikin acara sangat luar biasa bergotong royong. Seluruh komponen masyarakat antusias turut terlibat. Maka dari itu ulun (Red-saya) ucapkan terima kasih bukan hanya sebagian komponen pemerintah, tapi juga tokoh masyarakat, tokoh agama serta TNI/Polri,” ucapnya.

Lebih jauh Saidi Mansyur meminta agar STQ ini diikuti peserta dengan maksimal, agar bisa ketahap selanjutnya. Ia berharap salah satu dari kader di Karang Intan bisa menorah prestasi, bukan saja di tingkat kecamatan tapi juga sampai ke tingkat nasional dan internasional. Seperti qori dan qoriah asal Kabupaten Banjar yang bakal tanding di Malaysia dan juga pernah ke Tunisia yang bisa dijadikan sebagai motivasi.

Menurut data dari panitia STQ ini akan dihelat selama 3 hari hingga 24 Mei mendatang. Diikuti 84 peserta yang turun pada masing-masing cabang lomba. Antara lain tilawah putera dewasa 10 peserta, tilawah puteri dewasa 10, tilawah putera remaja 14, tilawah puteri remaja 10, tilawah putera anak-anak 10, tilawah puteri anak- anak 10, tartil putera 10 dan tartil puteri 10 peserta.

Baca Juga:  Lestarikan Budaya Banjar Lewat Festival

Penyerahan piala bergilir dilakukan dari Pambakal Desa Sungai Landas pemegang juara umum tahun sebelumnya kepada Bupati Banjar, kemudian diserahkan kembali kepada Pambakal Desa Sungai Alang untuk direbutkan kembali oleh peserta.

https://banjarmanis.com/wp-content/uploads/2022/12/banjar-manis-logo-1024x369.png

Related posts

Hadiri HUT ke 104 Damkar di Monas, Wabup Banjar : Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme

admin

Pimpin Apel, Wabub Banjar Pinta Perangkat Daerah Segera Laksanakan Perencanaan 2023

admin

Berikan Contoh Kepada Masyarakat, Bupati Banjar Pimpin Jumat Bersih

admin